Product Review: The New Nokia 3310

Dari dulu saya menyukai handphone yang bentuknya kecil karena mudah untuk dimasukkan ke kantong pakaian, mudah digenggam, dan diselipkan dimanapun. Handphone kecil saya yang terakhir diminta sama Eyang saya karena beliau ngga bisa (dan ngga mau) menggunakan smart phone.

Bukannya handphone kecil seperti itu hanya bisa untuk telepon dan SMS saja?

Memang benar. Dan memang itu tujuannya. Buat saya, smart phone itu banyak godaannya. Terutama godaan media sosial dan aplikasi chattingnya. Quotes dari Courtney Carver cukup mengingatkan saya betapa simpelnya hidup di masa lalu.

https://bemorewithless.com/internet-is-broken/
Source

Jadi ngga punya smart phone?

Punya. Zaman sekarang memang zamannya smart phone. Saya masih membutuhkan benda itu untuk cek email, cuci mata di Pinterest dan Instagram, juga chatting dengan adik-adik saya yang suka protes kalau hanya menggunakan telepon dan SMS saja karena akan memakan pulsa regular mereka. Tapi smart phone bukan mandatory buat saya. I still can live without it.

Oke, balik ke cerita handphone kecil yang diminta Eyang, akhirnya saya harus beli handphone kecil yang baru. Hal ini bersamaan dengan launchingnya The New Nokia 3310. Dan saya pun hepi mendengar berita tersebut. Saya beli yang warna abu-abu, salah satu warna favorit saya. Saya pun lebih hepi lagi pas utak-atik handphone ini dan lihat-lihat aplikasinya.

Memang handphone ini bisa apa saja?

Kalau untuk detail lengkapnya, bisa lihat di Nokia.com. Saya hanya akan membahas hal-hal yang saya sukai dari handphone ini, selain bisa menelepon, ber-SMS ria, dan menyimpan nomor kontak yah.

1. Baterenya tahan lama.

Ditulis kalau waktu stand by-nya bisa sampai satu bulan. Iya, satu bulan. Tapi karena saya menggunakan handphone ini untuk menelepon, saya menchargenya lebih-kurang setiap dua minggu sekali. Ini sudah membuat saya hepi karena saya termasuk orang yang malas mencharge handphone.

2. Ada flash light-nya.

Aplikasi flash light bisa ditemukan di smart phone apapun. Kalaupun ngga ada, bisa download di application store-nya. Saya ngga ingat apakah Nokia 3310 yang dulu punya flash light apa ngga. Yang pasti flash light ini bermanfaat saat tiba-tiba mati lampu untuk mencari senter (duh, semoga ngga ada lagi yang namanya pemadaman, dengan pemberitahuan apalagi tanpa pemberitahuan).

3. Ada kameranya.

2.0 MP. Not bad.

4. Ada Bluetooth-nya.

Biasanya saya pakai untuk kirim-kirim foto ke handphone yang lain.

5. Ada kabel datanya.

Bisa memindahkan data ke komputer langsung, atau sebaliknya. Bisa transfer foto dan musik favorit ke dalam handphone. Tapi harus menggunakan kabel data sendiri karena dalam box bundlingnya hanya dapat charger biasa, bukan charger dengan kabel data.

6. Bisa dimasukkan memory card.

Untuk menambah kapasitas memory di handphone.

7. Bisa memutar musik dan video.

Speakernya bagus untuk ukuran benda semungil ini. Kalau video mungkin kurang memuaskan buat saya karena layarnya yang kecil.

8. Notes.

Saya butuh ini untuk mencatat daftar belanjaan supaya ngga lupa.

9. Dual SIM card.

SIM nomor duanya ngga terpakai sih karena nomor saya hanya satu.

Beberapa aplikasi yang ngga saya pakai:

1. Internet.

Lebih puas pakai smart phone pastinya.

2. Game Snake.

Dari dulu memang bukan hobi saya memainkan game ini.

3. Radio.

Lebih suka mendengarkan MP3 yang lagu-lagunya sudah pasti ada di playlist.

4. Weather.

Lebih suka nanya Mbah Google mengenai suhu dan cuaca hari ini.

Ada beberapa aplikasi dasar lain seperti calendar, alarm clock, voice recorderfilescalculator, dan lain-lain yang ngga saya sebutkan.

Kesimpulan: Saya suka handphone ini ^^

Oh iya, handphone ini ada minusnya juga buat saya. Yaitu ngga bisa dikasih gantungan 🙁 Sebelum membeli Nokia 3310 ini, saya sudah membayangkan akan membeli gantungan panjang dan menggantungkannya di leher seperti zaman dulu, hiks.. Satu lagi, saat untuk contactnya hanya bisa satu nama memiliki satu nomor telepon. Sepertinya dulu di Nokia bisa satu nama dengan dua nomor telepon plus bisa add alamat emailDear Nokia, please provide this one for your next project yah. Thank you ^^

monaintariani.com