Event: Festival Lentera Indonesia 2017

Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan mengunjungi Festival Lentera Indonesia 2017 (Indonesia Lantern Festival) di daerah Cikokol, Tangerang. Pada acara pembukaannya tanggal 18 Agustus 2017 lalu, festival ini dihadiri oleh beberapa artis ibukota seperti Raffi Ahmad dan Jessica Iskandar. Tapi karena saya kesananya beberapa hari setelah hari pembukaan, jadi saya ngga ketemu mereka.

Saya suka sekali dengan lentera. Dengan background gelapnya malam, lentera akan memberikan kesan dominan yang indah. Dan setelah difoto pun hasilnya akan sangat bagus. Seperti masuk ke dunia lain.

Waktu itu saya kesananya hari Rabu dan baru sampai pukul setengah 9 malam. Sehingga keadaan di sana tidak begitu ramai dan puas untuk foto-foto. Beberapa pengunjung terlihat menggunakan kamera khusus fotografi. Tampaknya lentera-lentera ini menjadi ajang untuk mengasah kemampuan fotografi mereka.

Untuk yang haus atau lapar, ngga usah khawatir. Di dalam tempat ini terdapat food court dengan harga terjangkau. Dan hiburannya bukan hanya lentera saja, tapi ada panggung yang ngga pernah sepi dari penyanyi, penari, bahkan akrobat.

Ada foodcourtnya.

 

Ada panggungnya.

 

Anak-anak anda sedikit bosan? Ada pojok mainan mobil-mobilan di sini.

Hiburan untuk anak-anak anda.

Lentera-lentera yang bertebaran di Maze Market ini memiliki sentuhan Indonesia dan Tiongkok. Menurut Warta Kota, hal ini dikarenakan festival lentera ini merupakan bentuk pertukaran budaya antara Indonesia dan Tiongkok. Favorit saya adalah lentera yang membentuk lambang Garuda Pancasila.

Festival ini akan diadakan hingga Desember 2017. Saran saya kalau mau kesana:

  • Di atas jam 7 malam dimana langit sudah gelap sehingga kerlip lampu-lampunya bisa maksimal.
  • Batere HPnya dicharge dulu. Jangan sampai seperti teman saya yang batere HPnya habis sehingga sulit untuk foto-foto (tapi dia bawa kamera lain sih).
  • Datangnya saat weekdays ya. Ngga kebayang rebutan spot foto di keramaian weekends.
  • Langsung saja ke Maze Market di daerah Cikokol, Tangerang (search the location by Google Map yah). Harga tiket masuk untuk weekdays (Senin-Kamis) adalah Rp 20.000,- dan untuk weekends (Jum’at, Sabtu, Minggu) adalah Rp 35.000,-. Untuk anak-anak dan pengunjung dengan usia di atas 50 tahun; gratis loh.
  • Have fun and enjoy the light!

 

Fotografer: Dhony Eka dengan menggunakan iPhone 7.

2 thoughts on “Event: Festival Lentera Indonesia 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *